Terima kasih kepada pengunjung blog. Jumlah kunjungan telah melewati 23.000. Nikmati postingan baru setiap Sabtu-Ahad
Home » » Pemerintah Didesak Tuntaskan Antrean Truk di Pelabuhan Merak

Pemerintah Didesak Tuntaskan Antrean Truk di Pelabuhan Merak

Written By Unknown on Kamis, 05 Juli 2012 | 18.26

KBRN, Jakarta : Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta Kementerian Perhubungan dan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) harus segera menyelesaikan masalah antrean truk di pelabuhan Merak.

"Antrean truk di Pelabuhan Merak mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi pelaku usaha. Secara tidak langsung akan mempengaruhi minat investor yang ingin membuka usahanya di Pulau Sumatera," kata anggota Komisi V DPR dari Fraksi PKS, Mahfudz Abdurrahman, di Jakarta, Kamis (5/7).

Mahfudz mengatakan, ASDP diminta mencari solusi untuk mengatasi masalah antrean di Pelabuhan Merak.

"Seharusnya ASDP bisa pinjam dulu kapal Roro dari rute lain yang tidak terlalu padat agar dapat menambah jumlah kapal ferry di rute Merak-Bakauheni. Apalagi, antreannya sudah capai lebih dari 10 Kilometer dari Pelabuhan Merak," katanya.

Dengan 23 kapal Roro yang saat ini beroperasi belum bisa menghadapi peningkatkan volume kendaraan yang lebih dari 100 persen dari volume biasanya. Padahal peningkatan volume kendaraan yang ingin menyeberang ke Sumatera sudah bisa diperkirakan.

"Kita tidak boleh main-main dengan kondisi yang terjadi saat ini di Merak, di mana para sopir sudah mulai kehabisan bekal, belum lagi barang muatan mereka rawan kerusakan yang ujung-ujungnya bukan mendapat keuntungan tapi kerugian," ucapnya.

Mahfudz menambahkan, petugas di pelabuhan jangan main-main dengan memberikan kemudahan yang tidak seharusnya sehingga ada kendaraan yang bisa naik kapal tidak sesuai antrean karena akan memicu persoalan di lapangan.

"Petugas di pelabuhan harus bertindak adil dan tidak mendahulukan kendaraan yang tidak mengantre," tegasnya. (Heri.F/Ant)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar


 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011-2013. PKS Lubeg - All Rights Reserved - Email: pkslubeg@yahoo.com
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger