Terima kasih kepada pengunjung blog. Jumlah kunjungan telah melewati 23.000. Nikmati postingan baru setiap Sabtu-Ahad
Home » » Biar Pada Kapok, Pidanakan Saja Penimbun Sembako

Biar Pada Kapok, Pidanakan Saja Penimbun Sembako

Written By Unknown on Selasa, 24 Juli 2012 | 13.48

Cadangan Pangan Perlu Diperbesar

RMOL.Bulan puasa dan menjelang Lebaran selalu terjadi pening katan permintaan komoditas se perti ayam, daging, dan telur. Tingginya permintaan terkadang tidak di imbangi oleh stok yang mencu kupi.
Ironisnya, moment tersebut justru dimanfaatkan oleh para spekulan untuk menimbun ko mo ditas. Tu­juannya, untuk menge ruk ke­untungan sebesar-besarnya.

Anggota Komisi IV DPR Her manto meminta  pemerintah agar menjamin ketersediaan pangan selama Ramadhan dan setelah Lebaran. Tujuannya,  mening kat­kan jumlah pasokan da lam negeri.

“Pemerintah harus menyedia kan cadangan pangan serta mem­perbaiki infrastruktur guna mem­perlancar arus pangan dari sentra produksi sampai ke pasar,” ka tanya di Jakarta, kema rin.

Menurut Hermanto, keterlam batan pemerintah dalam mendo rong dan mengupayakan keterse diaan pangan bakal berdampak pada kenaikan inflasi dan kepa nikan masyarakat sehingga bisa meng­gang gu kekhusukan dalam men­jalankan ibadah Ramadhan.

Pemerintah juga di minta lebih tegas menindak para penimbun kebutuhan pokok ma syarakat agar masalah ke naikan harga yang selalu ber ulang setiap Ramadhan-Lebaran bisa terse lesaikan.

Ketua Pengurus Harian Yaya san Lembaga Konsumen Indo ne sia (YLKI) Tulus Abadi me nga takan, kenaikan harga kebu tuhan pokok selama ini bukan hanya akibat fak­tor perse diaan dan permintaan.

“Harga kebutuhan pokok se lalu naik selama Ramadan. Kami berharap pengawasan terhadap penimbun semakin diperketat un­tuk mempersempit ruang ge rak­nya,” katanya.

 Tulus mengatakan, pemerin tah harus langsung memidanakan oknum penimbun kebutuhan po kok agar menimbulkan efek jera.  Pemerintah dan seluruh pe mang ku kepentingan, lanjutnya, juga harus mampu mengendus motif atau apabila mulai ada ke curigaan terjadi aksi penimbunan.

Selain itu, Hermanto meminta para pengusaha agar tidak mela kukan penimbunan dan jangan menjadi spekulan. Karena jelas akan berdampak pada ke lang kaan pangan di pasar.

“Justru pengusaha harus me­ningkatkan turnover penjualan nya, agar perdagangan berjalan nor mal. Dengan demikian, mas ya rakat tidak mengalami ke su litan dalam memenuhi kebu tuhan pangan nya,” tegas Hermanto.

Kemarin, Menteri Per daga ngan Gita Wirjawan me ninjau per kembangan harga sembako di Batam sebagai bentuk pengenda­lian harga saat puasa.

Hermanto juga mendesak pe­merintah agar terus melakukan peman tau an secara reguler baik di pasar-pa sar induk maupun gu dang-gu dang logistik pangan un tuk me­mastikan kondisi yang ada di la­pangan.

“Kita percayakan pada peme rintah untuk mengam bil tindakan terhadap pengusaha dan peda gang yang melakukan penimbu nan dan menjadi spe kulan,” ujarya.

Seperti diketahui, DPR dan Pe­merintah saat ini masih memba has Rancangan Undang-Undang (RUU) Pangan sebagai upaya un tuk mewujudkan kedaulatan pa ngan, menjamin ketersediaan, ke tahanan dan keamanan pa ngan.

“Masyarakat Indonesia menga lami sendiri betapa vital nya urus an pangan terutama ketika Rama dhan dan Lebaran,” ujar dia.

Sebelumnya, Gita Wirjawan menjamin ketersediaan pangan di seluruh Indonesia memasuki Ra­madhan 1433 Hijriah tetap men­cukupi. Sebab, saat ini bertepatan dengan panen raya dan panen beberapa bahan pangan seperti kentang, bawang merah dan beras. Pasal nya salah satu pemicu kenaikan harga, yak ni pasokan komoditi, sudah dia tasi.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan pemasok dan sejumlah asosiasi pangan, paso kan dipas­tikan cukup hingga be berapa bulan ke depan.  [Harian Rakyat Merdeka]

rakyatmerdeka.co.id 24 Juli 2012
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar


 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011-2013. PKS Lubeg - All Rights Reserved - Email: pkslubeg@yahoo.com
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger