Terima kasih kepada pengunjung blog. Jumlah kunjungan telah melewati 23.000. Nikmati postingan baru setiap Sabtu-Ahad
Home » » Tour de Singkarak Terbaik Kelima di Dunia

Tour de Singkarak Terbaik Kelima di Dunia

Written By Unknown on Minggu, 11 November 2012 | 09.32


PADANG — Amaury Sports Organization (ASO) menetapkan Tour de Singkarak (TdS) sebagai “Top 5th on site spectators” dalam penyelenggaraan iven balap sepeda internasional. Bahkan TdS yang baru empat tahun bisa mengungguli Tour de Langkawi yang sudah lebih dulu hadir.

“Kita terbaik kelima setelah Tour de France, Giro a Italia, Vvelta a Espana, dan The Santos Tour Down Under,” jelas Kasubdit Promosi Wilayah I Sumatra yang juga Ketua Pelaksana TdS, Raseno Arya kepada Singgalang, Selasa (6/11) di Padang.

Salah satu indikator dari penilaian itu menurut Raseno adalah penonton terbanyak. ASO, lembaga penyelenggara iven olahraga-olahraga terbesar di dunia yang juga konsultan TdS menilai iven balap sepeda internasional yang digeber di ranah Minangkabau itu berhasil menarik perhatian banyak orang untuk menonton iven tersebut.

Pada Juni 2012 lalu, iven ini digelar di 14 kab/kota di Sumbar. Pelaksanaannya dinilai sukses dan memang menyita banyak perhatian warga di jalan-jalan yang dilalui para pebalap dalam dan luar negeri. “Inilah yang dinilai ASO yang memang pengalaman menyelenggarakan Tour de Franch, Paris Maraton, New York Maraton, dan iven besar-besar olahraga lainnya di dunia,” sebutnya.

Bukittinggi tuan rumah

Sementara pada 2013 mendatang, TdS direncanakan akan digelar 3-9 Juni. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pada penyelenggaraan kelima itu, panitia berencana kembali menambah rute. “Ada dua kabupaten lagi, yakni Dharmasraya dan Solok Selatan yang akan kami survei dalam waktu dekat ini. Mereka memang sangat antusias untuk bisa menjadi tuan rumah, seperti kab/kota lainnya,” jelas Nonon.

Untuk 14 kab/kota yang sebelumnya sudah menjadi tuan rumah diminta terus berbenah, sehingga bisa menampilkan sesuatu yang baru pada gelaran tahun mendatang. “Nanti mereka akan kembali disurvei untuk melihat kesiapan, baik pada sarana prasarana, tempat-tempat wisata, dan lainnya. Ini juga sudah menjadi keharusan sebelum digelarnya iven,” ujar putra Padang ini.

Pada gelaran kelima nanti, direncanakan akan diikuti sebanyak 25 negara. Semua tidak terlepas dari kesuksesan iven yang sudah digelar sejak empat tahun terakhir, sehingga pebalap-pebalap berkualitas tak ingin ketinggalan dalam gelaran internasional itu.

Rencananya lagi, pembukaan alek gadang ini akan dilakukan di depan Jam Gadang Bukitttinggi. Selain Walikota Ismet Amzis sudah menyurati Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, juga tidak terlepas dari kesiapan daerah itu. “Kami rasa bagus dan kementerian sangat mendukung bila nanti Bukitttinggi, sebagai salah satu destinasi wisata di Sumbar menjadi lokasi tempat dibukanya kegiatan ini,” sebut Nonon lagi.

Untuk itu, dia kembali berharap ini mendapatkan dukungan penuh dari segenap masyarakat Sumbar. Tidak saja yang ada di ranah Minang, tapi juga perantauan bahkan di luar negeri. “Kami berharap para perantau Minang di luar negeri juga dapat menyukseskan kegiatan ini, karena kami juga melakukan promosi ke luar negeri,” sebutnya. (104)

Singgalang 7 November 2012
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar


 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011-2013. PKS Lubeg - All Rights Reserved - Email: pkslubeg@yahoo.com
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger