Terima kasih kepada pengunjung blog. Jumlah kunjungan telah melewati 23.000. Nikmati postingan baru setiap Sabtu-Ahad
Home » » Orang Daerah Keluhkan Penerapan Kurikulum 2013

Orang Daerah Keluhkan Penerapan Kurikulum 2013

Written By Unknown on Rabu, 20 Februari 2013 | 22.32

Jakarta - Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melaksanakan kurikulum baru di tahun 2013 ini banyak dikeluhkan oleh para pemangku kepentingan pendidikan di daerah.

Demikian diutarakan anggota komisi X DPR RI, Ahmad Zainuddin usai berkunjung di Kalimantan Timur baru-baru ini.

Zainuddin menerangkan, umumnya para pemangku kepentingan pendidikan di Kaltim melihat pemerintah pusat belum siap untuk menerapkan kurikulum 2013 pada bulan Juli yang akan datang. Sehingga, mereka meminta pemerintah pusat agar menundanya.

Ia pun sependapat, sebaiknya pempus menunda dulu penerapan kurikulum baru tersebut. Sebab, dilihat dari desain induknya belum jelas menggambarkan kurikulum yang dimaksud secara komprehensif. Bahkan disinyalir pemerintah pusat belum punya grand desain yang jelas tentang hal tersebut.

“Dinas pendidikan Kaltim pun merasa belum siap mengimplementasikannya karena hingga kini anggapan mereka belum ada kejelasan konsep kurikulum dan bagaimana implementasinya. Tidak ada kejelasan antara peran dinas pendidikan propinsi dan kabupaten/kota serta apa hak dan kewajiban mereka,” imbuhnya.

Disamping itu pula, para pendidik merasa belum jelas elemen-elemen kurikulum baru yang harus dipahami sebelum pelaksanaannya, termasuk apakah tugas administratif guru masih sama dengan KTSP atau sudah berubah.

Menurut mereka, lanjut Zainuddin, andaikan seluruh perangkat kurikulum baru sudah siap, pun dibutuhkan waktu minimal delapan bulan untuk sosialisasi serta penyiapan pendidik dan semua tenaga kependidikan agar kurikulum baru ini bisa diimplementasikan. [wid]


RMOL
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar


 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011-2013. PKS Lubeg - All Rights Reserved - Email: pkslubeg@yahoo.com
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger