Terima kasih kepada pengunjung blog. Jumlah kunjungan telah melewati 23.000. Nikmati postingan baru setiap Sabtu-Ahad
Home » » Petani Mesti Tambah Kegiatan untuk Peningkatan Kesejahteraan

Petani Mesti Tambah Kegiatan untuk Peningkatan Kesejahteraan

Written By Unknown on Rabu, 15 Agustus 2012 | 20.48

Sijunjung - Petani dan masyarakat mesti mau menambah kegiatan untuk peningkatan kesejahteraan, masih banyak lahan-lahan kosong yang tidak dimanfaatkan. Padahal yang justru kegiatan tambahanlah yang membuat seseorang itu menjadi sehat ekonominya.
Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno ketika kunjungan Tim Ramadhan Provinsi Sumatera Barat ke Masjid Nurul Hidayah Nagari Buluah Kasok Kec. Lubuak Tarok kabupaten Sijunjung, Senin malam (13/8).  Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Muchlis Anwar, Dandim 3010, Kadis Pertanian Ir. Djoni, Kadis Sosial Abdul Gafar, SE,MM, Kabiro Binsos Drs. Jefrinal Arifin,MM dan beberapa Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sijunjung.
Lebih jauh Gubernur menyampaikan, Sumatera Barat tercatat dalam statistik, 60 persen penduduk beraktifitas pada sektor pertanian. Dari data itu juga didapat bahwa sebahagian besar petani hidup miskin dan berada dibawah garis kemiskinan.
Hal ini juga ditandai dengan kondisi lahan pertanian rata-rata hanya 1/3 Ha, sehingga hasil pertanian hanya mampu mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari, belum mampu memberikan nilai lebih, sementara waktu bekerja petani baru hanya 3,5 jam perhari.
 Jadi masih banyak waktu dan kesempatan bagi para petani untuk memanfaatkan waktu dengan baik untuk menambah kegiatan usaha lain baik itu, perkebunan, coklat, kulit manis, pisang, mangis, sawit, perikanan, peternakan maupun usaha indutri rumah tangga yang produktif.
Irwan Pryitno juga menceritakan ketika melepas rombongan jemaah haji dari salah satu kabupaten dan menanyakan bagaimana mereka naik haji, mereka menyampaikan naik haji karena usaha sawit, coklat, ikan, bukan karena hasil sawah pertanian, ujarnya.
Saat ini ada progam cetak sawah baru dari pemerintah yang dibantu Rp. 10 juta per Ha, bagi masyarakat yang memiliki lahan dapat mengajukan permohonan kepada dinas petanian provinsi atau melalui dinas pertanian kabupaten tempat tinggal.
Pada saat in Kabupaten Dhamasraya telah melakukan program cetak sawah baru seluas 1100 ha, Pessel seluas 1000 ha. Kita amat yakin solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani adalah dengan menambah jam kerja dan kegiatan usaha lain yang mendapat nilai lebih sebagai ekonomi tambahan.
Di tanah yang subur penuh rahmat ini, jika ada kemiskinan itu disebabkan oleh karena masyarakat yang malas dan tidak berkerja sungguh-sungguh. Oleh karena itumari kita manfaatkan lahan-lahan sebaik-baiknya dengan tanaman-tanaman yang bernilai jual baik, harapnya.
Walinagari  Syafriadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan, permohonan kepada Gubernur tentang rencana pembangunan irigasi  Lubuak Patai, Batang Bandang yang dapat mengairi sawah hingga 32 ha. Harapan itu tersampai agar direalisasikan tahun 2013.
Syafriadi juga menyampaikan bahwa 80 persen penduduk nagari Buluak Kasok mencari penghidupan dengan bertani. Oleh karena itu semua program pertanian dan bantuan ekonomi lain dapat disalurkan di daerah ini, karena masyarakat daerah ini masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan.
Kepada Pemkab Sijunjung, walinagari Syafriadi juga menyampaikan permohonan bagaimana Pemkab mau membangun jalan lingkar di nagari Buluah Kasok ini untuk memudahkan transprotasi di daerah ini agar produksi masyarakat dapat dijual secara cepat, sehingga ekonomi masyarakat dapat bergerak dengan cepat pula, mohonnya.
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Irwan Prayitno menyerahkan bantuan dana pembangunan masjid sebesar Rp. 10 juta ditambah, 20 Al Qur’an dan 9 buah tafsir.
 [humasprov]
irwan-prayitno.com 15 Agustus 2012
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar


 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011-2013. PKS Lubeg - All Rights Reserved - Email: pkslubeg@yahoo.com
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger