Terima kasih kepada pengunjung blog. Jumlah kunjungan telah melewati 23.000. Nikmati postingan baru setiap Sabtu-Ahad
Home » » Al-Ja’bari, Insiyur Hamas dengan Seabrek Prestasi

Al-Ja’bari, Insiyur Hamas dengan Seabrek Prestasi

Written By Unknown on Kamis, 15 November 2012 | 18.16

Gaza, Ahmad Al-Ja’fari, publik Palestina menganggapnya sebagai komandan utama Brigade Izzuddin Al-Qassam setelah pemimin tertinggi majelis militer Hamas, Muhammad Ad-Dhaif yang lumpuh akibat disiksa zionis Israel bertahun lamanya di desa Syaikh Rirdhwan, utara Gaza City.

Sumber khusus menyebutkan bahwa Al-Ja’bari baru seminggu di Gaza setelah melaksanakan ibadah haji. Ia sosok yang sangat tersembunyi, tidak diketahui di mana rumahnya atau nomor telphonnya.
Al-Ja’bari menjadi target pembunuhan sejak lama dan selalu lolos dari serangan, ini sebagai bukti bahwa dirinya telah mampu mengadakan perlawanan dan melaksanakan strategi yang ampuh dalam barisan Brigade Al-Qassam.

Pada mulanya Al-Ja’bari yang lahir di desa Syajaiyah timur Gaza City bagian dari anggota gerakan pembebasan nasional (Fatah) dan dibui selama tiga tahun berturut-turut karenanya. Nah, di penjara inilah ia menemukan pengalaman spiritual sehingga memiliki komitmen agama yang tinggi sampai akhirnya ia bergabung dengan Jama’ah Ikhwanul Muslimin sebelum berdirinya gerakan Hamas tahun 1987.

AL-Ja’bari memiliki hubungan sangat dekat dengan para pemimpin Hamas yang telah mendahulinya syahid, seperti Abdul Aziz Ar-Rantisi, Syaikh Ahmad Yasin dan Ibrahim Al-Muqadimah, kedekatan itu menyebabkan dirinya sering keluar-masuk penjara sekaligus dekat pucuk pimpinan politik gerakan Hamas setelah didirikan.

Ketika Syaikh Shalah Syahhatah mendirikan Brigade Al-Qassam, ia menunjuk Al-Ja’bari sebagai pimpinan wilayah Gaza dengan sebutan Struktur Panji Gaza. Pasca syahidnya Syahhatah, Al-Ja’bari termasuk pemimpin sayap militer Hamas yang sangat disegani.

Tanggung Jawab Besar
Pada tahun 1995 setelah Al-Ja’bari keluar dari penjara Israel, ia lebih focus pada kerja NGO yang konsen terhadap urusan tawanan yang dibebaskan di tubuh Hamas. Kemudian ia menjadi ketua Hizbul Khalash Al-Islami yang didirikan Hamas. Al-Ja’bari dua kali dipenjara oleh pemerintahan Palestina (Fatah/PLO), justeru mendekatkan dirinya dengan Adnan Al-Ghul yang merupakan insiyur peledakan pertama. Adanan mendahuluinya sebagai syahid. Al-Ja’bari dua kali terpilih sebagai anggota Maktab Siyasi gerakan Hamas.

Prestasi dirinya di organisasi sayap militer Hamas adalah kemampuannya mendidik pasukan terlatih yang jumlahnya sekitar 20 ribu prajurit yang handal, sebagaimana Al-Qassam juga memiliki kekuatan persenjataan baik yang ringan atau yang sedang sehingga mampu mengadakan perlawanan dalam setiap pertempuran.
Pada tahun 2004 Al-Ja’bari mendapatkan percobaan pembunuhan, pada saat itu yang syahid adalah putranya Al-Bakar Muhammad, saudara kandungnya dan kerabatnya.

Di antara keberhasilannya dalam bidang militer juga adalah pertukaran tawanan yang Hamas menyebutnya sebagai pemenuhan janji tahun 2010, yaitu satu tawanan Israel, Gilat Shalit dengan 1027 tawanan laki-laki dan perempuan Palestina, di antara mereka ada yang divonis berat.

Al-Ja’bari hidup dalam penyamaran yang luar biasa, ia selalu menjauh dari media massa, ia hanya muncul dalam sebagian pelatihan militer Al-Qassam. Pada hari penyerahan kopral Shalit ke Mesir ia sendiri yang menyerahkan ke jajaran pimpinan Al-Qassam, Raid Al-Aththar. Ia pernah menampakkan diri pada momen khusus penghormatan terhadap tawanan yang dibebaskan, sesaat saja untuk akhirnya ia menghilang.

Al-Ja’bari syahid setelah mobil yang ditumpanginya dimisil oleh pesawat tempur Israel, Rabu sore, 14/11/12. Rahamahullah Abu Muhammad, Ahmad Al-Ja’bari. [aljazeera]

al-ikhwan.net
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar


 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011-2013. PKS Lubeg - All Rights Reserved - Email: pkslubeg@yahoo.com
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger