Terima kasih kepada pengunjung blog. Jumlah kunjungan telah melewati 23.000. Nikmati postingan baru setiap Sabtu-Ahad
Home » » Kepemimpinan Fauzi-Mahyeldi Dongkrak Pendapatan Kota Padang

Kepemimpinan Fauzi-Mahyeldi Dongkrak Pendapatan Kota Padang

Written By Unknown on Sabtu, 05 Oktober 2013 | 09.17

PADANG — (Bambang Sulistyo, Wartawan Muda) — Selama memimpin Kota Padang sejak 2009 lalu, duet Fauzi Bahar dan Mahyeldi Ansharullah, mampu meningkatkan pendapatan daerah. Hal itu tergambar dari capaian pendapatan dalam APBD dari tahun 2009 hingga 2013. Jika tahun 2009 pendapatan tak sampai Rp1 triliun, maka tahun 2013, pendapatan sudah lebih dari Rp1,5 triliun.

“Pada APBD 2009, pendapatan hanya Rp903,506 miliar, sementara 2013 pendapatan sudah Rp1,619 triliun. Ada peningkatan sebesar 79,23 persen atau rata-rata pertahun sebesar 15,80 persen,” kata Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, dalam penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Akhir Masa Jabatan (AMJ) pada rapat paripurna DPRD Padang, Selasa (1/10), dipimpin Ketua DPRD Padang Zulherman.
Duet Fauzi-Mahyeldi, tinggal hitungan bulan. Februari 2014 mendatang mereka berdua harus sudah meletakkan jabatan dan diganti pasangan baru.
Selain mampu meningkatkan pendapatan daerah, pasangan yang diusung koalisi PAN dan PKS itu juga mampu meningkatkan realisasi belanja daerah selama empat tahun terakhir. Pada 2009, total target belanja hanya Rp1,050 triliun, sementara pada 2013 menjadi Rp1,679 triliun, atau naik mencapai 59,89 persen. “Rata-rata kenaikan itu sebesar 12,47 persen, dimana kenaikan tertinggi terjadi pada 2012 mencapai 16 persen dan terendah pada 2011 hanya 11 persen,” katanya.
Menurut Mahyeldi, dengan semakin meningkatkan target belanja berarti semakin besar porsi anggaran yang diberikan untuk kesejahteraan masyarakat.
Sementara itu, terkait tugas pembantuan dalam konteks penyelenggaraan pemerintah daerah, pemerintah pusat telah memberikan tugas dan tanggungjawab kepada daerah untuk mengelola kegiatan pusat yang ada di daerah. Tanggungjawab ini diberikan dengan mempertimbangkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan-kegiatan pemerintah pusat.
“Hal lain yang diharapkan melalui tugas pembantuan ini adalah adanya dorongan dan penguatan berbagai program pemerintah pusat di daerah sehingga kinerja yang dicapai dapat terlaksana sebagaimana mestinya dengan biaya yang lebih efisien,” katanya.
Mahyeldi mengatakan, LKPj yang disampaikan itu disampaikan pada hakikatnya adalah penyampaian laporan atau informasi tentang hasil dan capaian program kegiatan atas pemanfaatan keuangan daerah, sebagaimana yang telah disepakati bersama antara pemerintah daerah dan DPRD.
“Tentu hasil yang dicapai beserta persoalan yang dihadapi selama pelaksanaan tugas sejak tahun 2009-2013, akan dievaluasi secara bersama dan akan dijadikan masukan bagi pelaksanaan tugas untuk periode selanjutnya,” katanya.
Ketua DPRD Padang Zulherman mengatakan, dengan penyampaian LKPj AMJ ini, maka akan dapat dievaluasi kinerja dan capaian walikota dan wakil walikota selama lima tahun memimpin Kota Padang. “Dari evaluasi itu, nantinya akan terlihat sejauhmana keberhasilan dan capaian dari visi misi yang diusung pasangan walikota dan wakil walikota itu,” pungkasnya. (*)

hariansinggalang.co.id
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar


 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011-2013. PKS Lubeg - All Rights Reserved - Email: pkslubeg@yahoo.com
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger