Terima kasih kepada pengunjung blog. Jumlah kunjungan telah melewati 23.000. Nikmati postingan baru setiap Sabtu-Ahad
Home » » Boston Marathon, Maraton Tertua

Boston Marathon, Maraton Tertua

Written By Unknown on Minggu, 28 April 2013 | 20.00

Belum lama ini ledakan bom mengguncang di dekat garis finis Boston Marathon. Mengapa dipilih Boston Marathon? Banyak alasan bisa jadi. Namun, yang jelas, di dalam dunia per-maraton-an, nama Boston Marathon identik dengan All England dalam dunia tepok bulu. Namanya sudah kondang, pesertanya banyak, dan diselenggarakan bersamaan dengan Hari Patriot.

Jika belakangan Boston Marathon diselenggarakan di hari Senin minggu ketiga bulan April setiap tahunnya, tidak begitu dengan sejarah awal Boston Marathon. Mula pertama Boston Marathon diselenggarakan tanggal 19 April 1897. Kegiatan ini terinspirasi oleh maraton di Olimpiade Musim Panas Athena setahun sebelumnya.

Dengan bantuan pebisnis Boston, Herbert H. Holton, berbagai rute didiskusikan sebelum diambil jarak 24,5 mil (sekitar 39,4 km) dari Irvington Oral di Boston ke Mectcalf’s Mill di Ashland. Lima belas pelari ikut lomba namun hanya 10 yang sampai finish. John J McDermott memimpin di depan atlet Harvard Dick Grant saat mendaki perbukitan di Newton. Meski di beberapa kilometer akhir harus beberapa kali berjalan kaki ia tetap menyentuh garis finish yang pertama.dengan selisih 6 menit 52 detik. Pada tahun 1908 jarak tempuhnya diubah mengikuti standar Olimpiade.

Boston Marathon awalnya dilaksanakan pada Hari Patriot, 19 April, hari libur lokal yang memperingati awal Perang Revolusioner. Jika pada tahun itu Hari Patriot jatuh pada hari Minggu, perlombaan dilakukan di hari Senin berikutnya. Tahun 1969, Hari Patriot secara resmi dipindahkan ke Senin minggu ketiga di bulan April. Seterusnya perlombaan diselenggarakan di hari Senin.

Perempuan secara resmi belum diperbolehkan ikut lomba maraton sampai 1972, tetapi Roberta “Bobbi” Gibb tidak bisa menunggu. Tahun 1966 ia menjadi wanita pertama yang ikut lomba sampai finish. Saat start ia disembunyikan di kerumunan sampai tanda start dimulai. Tahun 1967, Kathrine Switzer, yang mendaftar sebagai "KV Switzer" merupakan wanita pertama yang ikut berlari dengan nomor dada. Ia bisa mencapai finish meski panitia mencoba mengeluarkan dia dari daftar peserta setelah tahu ia wanita.

Tahun 1971 barulah Persatuan Atletik Amatir mengijinkan perempuan ikut lari maraton, termasuk Boston Marathon. Nina Kuscsik menjadi wanita pertama resmi yang berpartisipasi dalam Boston Marathon tahun 1972. Ada tujuh pelari perempuan yang ikut dan menyelesaikan lomba.

Tahun 1975 Boston Marathon menjadi lomba maraton utama yang pertama menyertakan kompetisi pelari yang mengunakan kursi roda. Bob Hall memenangkan lomba itu dalam waktu dua jam 58 menit.
Setiap tahun kegiatan ini menarik minat sekitar 500 ribu penonton. Sedangkan peserta yang ikut bisa mencapai sekitar 20 ribu orang. Rekor peserta adalah 38.708 pendaftar, dengan peserta yang ikut start 36.748 dan yang finish 35.868. Itu terjadi pada tahun 1996.

Hari itu (19 April 2013)  merupakan peringatan 116 tahun Boston Marathon yang sayangnya menjadi penyelenggaraan yang kelabu. (*)

intisari-online.com
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar


 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011-2013. PKS Lubeg - All Rights Reserved - Email: pkslubeg@yahoo.com
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger